franchise mcd

Franchise McD Indonesia

Bisnis Kuliner

Siapa yang tak kenal dengan McD Indonesia ? Brand yang menjual makanan cepat saji dengan harga terjangkau ini rupanya membuka peluang usaha franchise. Apakah anda salah satu orang yang tertarik untuk bergabung dengan franchise McD Indonesia ?

Peluang Usaha Franchise McD di Indonesia

Franchise McD di Indonesia menjadi konsumsi masyarakat kelas menengah ke atas. Walaupun demikian, brand satu ini menjadi waralaba makanan terlaris. Penasaran bagaimana cara bergabung dengan franchise ini ?

  1. Profil McD

McD atau Mcdonalds adalah waralaba asal California, Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1940. Brand yang laris di pasaran ini pendirinya adalah Richard dan Maurice Mcdonalad.

Melejitnya McD sebagai franchise yang menjangkau di berbagai negara termasuk di Indonesia adalah berkat Ray Kroc. Kroc adalah seorang pengusaha yang membeli McD dari Richard dan Maurice.

Mcdonald memiliki konsep yang sangat sederhana, yaitu hanya menjual burger, kentang dan minuman. Setelah kepemilikikan McD pindah ke tangan Ray Kroc, didirikanlah Mcdonald System Inc.

Ray Kroc kemudian menyeragamkan berbagai macam hal dari cabang-cabang McD saat itu. Ia juga yang mematenkan logo golden arches sebagai smbol restoran McD tepatnya pada tahun 1961. Bahkan Kroc berhasil mengakuisisi seluruh saham McD.

Perkembangan bisnis Mcdonalds ini tumbuh dengan pesat karena strategi ekspansi yang dilakukan oleh sang pemilik dinilai sangat agresif. Setelah akuisisinya, Kroc merancang McD menjadi seragam dan franchiseable.

Tercatat ada total lebih 32 ribu cabang franchise McD, termasuk di Indonesia, tepatnya pada tahun 2019. Dari total jumlah gerai tersebut, 90 % dari jumlahnya adalah milik mitra. Tercatat sebagai jumlah terbesar di antara waralaba kelas Internasional lainnya.

  1. McD di Indonesia

Kapan pertama kali McD hadir di Indonesia ? Franchise McD Indonesia meluncur pada 23 Februari 1991 dengan lokasi gerainya di daerah Thamrin, Jakarta Pusat, tepatnya di gedung Sarinah.

Gerai McD di Thamrin tutup pada tahun 2020 lalu. Kemudian menjadi fenomena viral yang menyebabkan banyak warga berdatangan untuk memberi salam perpisahan. Hal ini tentu saja menunjukkan betapa besar fanatisme masyarakat Indonesia terhadap McD.

Perlu anda ketahui, McD di Indonesia ini menerapkan startegi yang sama dengan franchise KFC, yaitu menyajikan menu makanan khas orang Indonesia berupa ayam goreng dan nasi. Selain itu ada juga sajian kopi dan kudapan.

  1. Menu Franchise McD

Apa saja menu McD yang ada di Indonesia ? Ada banyak menu lezat yang menjadi makanan favorit orang Indonesia. Apalagi untuk setiap menu memiliki harga yang sangat terjangkau. Berikut daftar menu McD Indonesia :

  • Cheese Krispy Chicken Rice
  • Cheese Spicy Chicken Rice
  • Cheese Steak Burger
  • Beef Prosperity Burger
  • Cheeseburger with Egg
  • Chicken Burger with Cheese
  • Double Cheeseburger
  • Fish Fillet Burger
  • Fish & Fries
  • McDouble Burger
  • Nasi Daging Tumis Cabe Ijo
  • dan lain-lain

Masih banyak menu McD lainnya yang belum disebutkan. Semua menu memiliki standar harga yang sama, baik itu di Jawa, Jakarta, Sulawesi, Sumatera hingga Papua. Sehingga dimana pun anda membeli McD di Indonesia, jangan khawatir soal harga.

Di McD Indonesia juga menyediakan beragam menu yang sifatnya limited, seperti saat menjelang buka puasa di bulan Ramadhan. Biasanya, McD menghadirkan menu khusus sesuai dengan tema. Menarik sekali bukan ?

  1. Cara dan Syarat Bergabung Franchise McD

Ingin bergabung menjadi mitra McD ? Bagi anda yang ingin menggeluti bisnis franchise McD, penting mengetahui bagaimana cara serta syarat apa saja untuk bisa bergabung menjadi mitra dari McD.

Lisensi waralaba McD Indonesia dibawah naungan PT Rekso National Food. Ada 2 cara untuk menjadi mitra McD yaitu dengan memilih franchise restoran baru atau franchise restoran yang sudah ada. Apa perbedaan keduanya ?

Jika ingin bergabung dengan franchise restoran baru, maka syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi cukup sulit. Hal ini karena pihak perusahaan akan mengevaluasi anda selaku calon mitra, mulai dari lokasi, aset dan portofolio bisnis.

Adapun untuk franchise restoran yang sudah ada, cocok dipilih bagi anda yang baru terjun dalam bisnis franchise karena mudah ditempuh. Anda hanya diminta untuk membeli lokasi waralaba yang sudah berjalan dan beroperasi, sembari mempelajari seluk beluk bisnis McD.

  1. Harga Franchise McD

Berapa biaya untuk memulai franchise McD yang membangun restoran baru ? Modal yang dibutuhkan cukup besar. Anda perlu menyiapkan modal setoran awal sebesar 45 ribu US Dollar dan membayar biaya operasional dan infrastruktur yang berkisar 2,2 juta US Dollar.

Sementara untuk bergabung dengan franchise yang sudah beroperasi, tidak ada harga khusus yang dipatok. Saat anda membayar franchise dalam jumlah sekian, itu artinya sudah mencakup harga omzet, lokasi, occupancy cost, kompetisi dan improvement needs.

Nah, demikianlah artikel tentang franchise McD Indonesia, yang semoga dapat menginspirasi anda. Yuk segera siapakan persyaratan dan modal yang cukup untuk bergabung menjadi mitra McD di Indonesia !

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments