franchise kopi starbucks

Franchise Kopi Starbucks

Bisnis Franchise Minuman Kuliner

Franchise Kopi Starbucks adalah jaringan usaha kedai kopi paling besar di dunia. Di Indonesia, Anda dapat mempunyai usaha Starbucks tetapi dengan mekanisme franchise yang beda dari brand lain.

Starbucks Indonesia sebagai kedai yang mempunyai mekanisme franchise yang unik, karena berapa saja harga yang sanggup Anda bayarkan belum pasti dapat buka merek ini. Sedikit berbeda dengan umumnya waralaba seperti Kopi Janji Jiwa, Coffee Toffee, atau Kulo,

Pada merek – merek itu, Anda perlu bayar paket usaha dan pengajuan lokasi sama sesuai persyaratan management. Bila semua tercukupi dan pembayaran lunas, karena itu proses membuat kafe mimpi bisa dilaksanakan. Bila rupanya harus gulung tikar juga, property dan alat – alat produksi masih tetap jadi punya Anda.

Lalu bagaimana mekanisme franchise kopi Starbucks Indonesia dan berapakah harga lisensinya? Apa yang membandingkan mekanismenya dengan merek lain? Apa kekurangannya dan apa mekanisme ini recommended? Silahkan kita ulas.

Tentang Starbucks Indonesia

Starbucks merupakan perusahaan kopi asal Seattle, Washington, Amerika Serikat pada 1971. Mulanya perusahaan ini cuman menyiapkan biji kopi saja, tetapi pada 1981 usaha ini dibeli oleh Howard Schultz. Dia menjadi CEO sampai sekarang dan mengganti idenya jadi kafe yang kita mengenal sampai sekarang ini.

Di Indonesia, franchise kopi Starbucks masuk melalui PT MAP Boga Adiperkasa. Sebuah anak perusahaan di bidang ritel food and beverage punya PT Partner Adi Gagah.

Merek asal Washington ini pertama kalinya membangun gerai di Indonesia semenjak 17 Mei 2002. Gerai pertama kalinya berada di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat. Sampai 2020 telah ada 326 gerai Starbucks yang menyebar di Indonesia, meliputi 22 kota di beberapa daerah vital.

Merek yang ini mempunyai dukungan center yang ada di Jakarta, persisnya di Sahid Sudirman Center lantai 27. Dukungan center ini dapat disebutkan kantor pusat yang berada di Indonesia, maksudnya untuk membantu penjualan di regionnya.

Bukan Waralaba

Kemungkinan Anda bingung bagaimana tujuannya, franchise tetapi bukan franchise. Tujuannya adalah mekanismenya bukan seperti waralaba secara umum. Di mana Anda umumnya diberi paket usaha pada harga tertentu dan lisensi pemakaian merek.

Pada Starbucks, mekanismenya ialah toko bersertifikasi, jadi Anda cuman bayar lisensi tokonya untuk sekian tahun. Sementara, property dan tokonya sendiri masih tetap jadi punya management. Ketentuan non franchise itu diterapkan di Starbucks Indonesia.

Melalui bukunya, Pour Your Heart into It, Schultz menjelaskan jika dia ingin terus munculkan fanatisme pada tempat itu. Dia menerangkan selanjutnya dan menjelaskan, “Franchisee sebagai middleman dari Starbucks ke konsumen, bila kami jual waralaba nilai – nilai kami akan lenyap.”

“Barista – barista Kopi Starbucks diberikan untuk peduli, tidak cuma menyeduh kopi saja. Nilai ini tidak bisa didapat bila pegawai orang yang lain menyeduh kopinya”, tambah Schultz.

Menu Franchise Kopi Starbucks

Franchise Starbucks mempunyai merek nilai yang tinggi sekali di Indonesia, oleh karena itu lumrah bila harga makanan dan minumannya juga lumayan mahal untuk beberapa kelompok. Walau sediakan biji – biji kopi dari beragam wilayah penghasil di dunia, tetapi di Indonesia sendiri menu sebagai unggulan ialah frappe-nya.

Ini lumrah ingat mayoritas masyarakat kita condong suka minuman dan makanan yang manis. Selain itu, karena cuaca yang tropis karena itu minuman dingin jadi lebih disukai pada umumnya. Kedai kopi dengan logo putri duyung ini sediakan beragam makanan dan kudapan, misalkan cake, brownies, dan cookies.

Harga dan Persyaratan Beli Lisensi Franchise Kopi Starbucks Indonesia

Untuk beli lisensinya, ada banyak persyaratan yang perlu Anda penuhi. Pertama ialah lokasi, lokasi yang Anda sampaikan harus selaras ataukah memberikan ruangan untuk fragmen prospektif yang baru. Persyaratan ini mudah – mudah susah, karena Anda harus betul – betul cermat dalam menyaksikan kesempatan lokasi.

Persyaratan kedua merupakan Anda sebagai calon pemilik lisensi harus mempunyai asset likuid sejumlah 9 milyar rupiah. Anda harus juga mengikutkan uang kontan yang sekarang ini dipunyai.

Banyak hal itu nanti bisa menjadi pemikiran management. Bila permintaan Anda diwujudkan, kemudian Anda diharap untuk bayar lisensi sejumlah 500 juta untuk dipakai sepanjang periode waktu tertentu.

Permintaan lisensi franchise Starbucks Indonesia itu dapat disodorkan melalui form yang dapat dijangkau di situs resminya. Masukan dan dialog nanti akan dilaksanakan lewat e-mail, sampai capai persetujuan.

Tetapi berita baiknya ialah bila disepakati, karena itu Anda tak perlu ribet. Management nanti akan memberikan dukungan penuh, dimulai dari konstruksi toko dan dekor, pelatihan karyawan, penyiapan bahan baku, perlengkapan, dan hampir semua diurusi management.

Anda pemilik lisensi franchise Starbucks Indonesia, nanti akan terima sharing keuntungan dari toko itu. Sayang, tidak diuraikan untuk umum bagaimana pembagian keuntungan dan tanggung-jawab pemegang lisensi nanti.

Starbucks sebagai Usaha Khusus

Dimulai dari harga franchise yang perlu dibayar sampai ke ketetapan yang diberi management Starbucks Indonesia, dapat disebutkan usaha ini tidak pas untuk yang baru memulai. Bahkan juga bukan hanya untuk yang baru memulai, tidak pas untuk jadi usaha khusus Anda.

Beberapa pemikirannya ialah asset agunan yang lumayan besar, kurang kontrol sebagai owner, dan resiko ketidakberhasilan pasar. Tidak ada usaha yang memberi agunan 100 % sukses, bahkan juga sebesar Starbucks.

Dan ada argumen kenapa jumlah asset dan uang kontan Anda jadi pemikiran management. Uang itu yang nanti jadi sandaran supaya kedai bisa sukses maupun tidak berhasil. Karenanya, seharusnya mulai usaha ini cuman bila Anda mempunyai uang nganggur.

Alternatif  Usaha Kopi Modern

Tentu saja, ada banyak pilihan franchise pada harga yang lebih ekonomis dibandingkan starbucks. Salah satunya yang paling direferensikan ialah Warkop Naik Kelas, Kopi Kulo, Kopi Lain Hati.

Dengan setting biaya yang rendah, merek ini masih tetap mempunyai elastisitas untuk ide kafe. Brand lain sudah eksper sebagai roastery untuk beragam kafe di Indonesia . Maka dijamin, kopinya tidak mengecewakan.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments