franchise kopi tuku

Franchise Kopi Tuku

Bisnis Franchise Minuman Waralaba

Bisnis franchise dari tahun ke tahun semakin berkembang di Indonesia, salah satunya adalah Kopi Tuku. Banyak yang mengira Kopi Tuku mempunyai sistem franchise. Padahal, Kopi Tuku merupakan gerai kopi kekinian non franchise yang mempunyai banyak penggemar.

Kopi Tuku adalah usaha minuman kekinian sempat ngehits pada tahun 2017 karena kedatangan Presiden Jokowi ke kedainya. Bagi penikmat kopi, kedai satu ini sangat recomended dan sayang sekali kalau terlewatkan. Bahkan banyak sekali orang yang ingin tahu bagaimana cara bergabung menjadi mitra franchise Kopi Tuku. Namun, apakah Kopi Tuku membuka kemitraan ? Mari simak ulasan berikut.

  1. Tentang Kopi Tuku

Sajian minuman kopi susu memang identik di Indonesia sejak dulu. Mulai dari kopi susu yang dijual di pinggir jalan hingga saat ini yang marak disajikan di kedai kopi dengan sistem franchise atau waralaba.

Kopi Tuku didirikan oleh seorang barista bernama Andanu Prasetyo tepatnya pada 1 Juni 2015. Kopi Tuku membuka kedai pertamanya di daerah Cipete, Jakarta Selatan. Sebelum mendirikan kedai kopi, sang owner sudah cukup lama bergelut di dunia consumer goods ini. Inilah yang menjadi awal mula ia membuka usaha kopi, karena kecintaannya terhadap kopi sejak kuliah.

Saat ini kedai Kopi Tuku berada di bawah naungan MAKA Group, perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Pada tahun 2020, Kopi Tuku sudah mempunyai sekitar 20 gerai di daerah Jabodetabek. Saat itu, sang owner mengaku mempekerjakan 100 karyawan, 80 sebagai barista cafe dan sisanya bekerja di kantor.

Brand Kopi Tuku ini cara ekspansi bisnisnya dapat dikatakan cenderung lambat. Hal ini dikarenakan pihak manajemen yang tidak mau menganut sistem franchise. Berbeda dengan bisnis minuman kekinan lainnya yang menggunakan sistem franchise sehingga ekspansi bisnisnya berkembang cepat.

  1. Menu Kopi Tuku

Kopi susu gula aren adalah salah satu sajian minuman kekinian yang mendadak menjadi pilihan minuman favorit di tahun 2017. Dan Kopi Tuku menjadi kedai pertama yang mempopulerkannya dengan menu kopi susu tetangga.

Kopi susu tetangga menjadi minuman populer dan mengejutkan masyrakat karena cita rasanya yang unik. Resep sajian minuman ini muncul dari ide sang owner sendiri. Selain menu kopi susu tetangga, Kopi Tuku juga menyediakan aneka menu minuman lainnya.

  1. Exposure dari Presiden Jokowi

Pada tahun 2017, Presiden Jokowi dan istrinya mengunjungi gerai Kopi Tuku yang ada di daerah Cipete. Kehadiran Jokowi tentu saja member effect atau pengaruh baik bagi usaha Kopi Tuku.

Pada kunjungan saat itu, Jokowi mencicipi menu es kopi tetangga dan sempat diliput oleh media sambil memberi apresiasi terhadap usaha minuman Kopi Tuku. Exposure Jokowi terhadap usaha Kopi Tuku sempat menjadi viral.

  1. Konsep Kopi Tuku

Kopi Tuku adalah bisnis minuman kekinian yang tidak menganut sistem franchise. Walaupun demikian, jangan memandang sebelah mata dengan konsep yang dipakai. Berkonsep local neighborhood coffee shop yang menjadikan Kopi Tuku menjadi kedai ternama.

Asal mula penggunaan konsep tersebut adalah karena sejak pertama kali berdirinya coffe shop memang telah membangun kedekatan dengan warga sekitar. Sang owner juga kerap meminta saran, menerima masukan dan keluhan hingga merekrut barista dari anak muda disekitar coffe shop.

Inilah yang menjadikan ekspansi Kopi Tuku tidak segencar brand minuman lainnya. Akan tetapi, efek positifnya adalah loyalitas dari pelanggan. Warga sekitar yang sudah loyal biasanya memiliki kebiasaan minum kopi di kedai. Menariknya, satu pelanggan bisa memesan kopi 2-3 kali setiap harinya.

  1. Harga Franchise Kopi Tuku

Bagi anda yang tertarik ingin membuka franchise Kopi Tuku, sayangnya mimpi anda belum bisa terwujudkan. Pasalnya, Kopi Tuku hingga saat ini tidak membuka kemitraan dalam bentuk apapun.

Sehingga tidak ada informasi mengenai harga, syarat dan cara bergabung menjadi mitra franchise Kopi Tuku. Jika memungkinkan, anda bisa menjadi penanam modal pada bisnis ini walaupun butuh modal yang tinggi

Sang owner sempat menerangkan alasannya tidak membuka franchise adalah karena tujuannya membangun Kopi Tuku adalah untuk membuat penikmat kopi semakin banyak, bukan untuk meningkatkan penjualannya semata saja.

  1. Tabel Informasi Bisnis Kopi Tuku
Nama Brand : Kopi Tuku
Badan Hukum : Ada
Tahun Berdiri : 2015
Jumlah Outlet : 50
Proyeksi BEP : 15
Royalty Fee/bulan : 10%
Bahan Baku Utama : Tidak ada
Tools Outlet : Tidak ada
Pencarian Lokasi : Belum Termasuk
Pencarian-Pelatihan SDM : Belum Termasuk
Harga Paket Franchise : Rp 350.000.000
Biaya Renovasi Lokasi : Tidak ada
Kontak Telepon : 0813-1234-8396

Nah, itulah dia pembahasan seputar kedai Kopi Tuku, yang ternyata tidak membuka kemitraan franchise. Walaupun demikian, anda masih punya kesempatan banyak untuk mencoba membuka usaha minuman kekinian lainnya kok. Jangan patah semangat ya!

Bagi anda yang ingin mencoba franchise minuman kekinian lainnya, ada beberapa opsi pilihan franchise terbaik untuk dijalankan. Diantaranya adalah franchise Kopi Janji Jiwa, Haus Indonesia dan Kopi Kulo, Warkop Naik Kelas. Semoga informasi diatas bermanfaat ya!

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments